Mengenal Intel HD Graphics Family dan jenis-jenisnya

Mengenal Intel HD Graphics
Mengenal Intel HD Graphics

Mengenal Intel HD Graphics yang merupakan Teknologi grafis dalam lingkup PC dan Laptop dalam kelas low-end hingga kelas menengah, jelas bukan diperuntukkan untuk PC dan laptop kelas high-end maupun game kelas berat.

Sebelumnya kalian bisa pahami terlebih dahulu tabel spesifikasi grafis VGA Intel HD series dengan klik DISINI

Kartu grafis  dengan Intel chipset dirancang untuk daya rendah, sehingga sebagian besar laptop yang mempunyai grafis terintegrasi mempunyai baterai yang lebih tahan lama dan sedikit panas.

Ada banyak Desktop yang motherboard dilengkapi dengan grafis terintegrasi Intel. Hal ini dilakukan untuk membuat biaya laptop menjadi bersahabat.

Prosesor intel core i series (core i3, core i5, core i7) dengan intel grafis adalah baik untuk kinerja Windows, internet, dan menonton film, tapi untuk game kelas berat yang memiliki 3D modern masih kurang, mengingat tidak didukungnya oleh driver yang mumpuni serta ketiadaan fitur anti-aliasing.

Untuk game 3D kelas berat, kartu grafis  harus menghasilkan piksel 3D layar penuh secara real time, itu membutuhkan banyak daya untuk menjalankan grafisnya.

Grafis Intel tidak menggunakan dedicated video memory, yang digunakan adalah memory RAM sebagai gantinya. selain itu Core clock dan clock memori tidak cukup tinggi untuk memproses game kelas berat.

Mengenal Intel HD Graphics
Tabel perbandingan kualitas tampilan beberapa Games mainstream yang telah diproses dengan Intel HD Grafis.

Jika Anda ingin game berjalan mulus maka pilihlah grafis Nvidia atau ATI kelas high-end yang sudah saya ulas di artikel saya sebelumnya, DISINI .

Umumnya kartu grafis (VGA) Intel terbaru hanya bisa disetarakan kemampuannya dengan grafis Nvidia atau ATI di kelas low-end.

Saya akan ulas salah satu tipe Intel HD Graphic Family yakni Intel HD Graphics 4000, merupakan kartu grafis prosesor yang termasuk dalam prosesor Ivy Bridge yang dirilis pertama kali di tahun 2012. Dapat secara otomatis dioverclock menggunakan teknologi Turbo Boost, tergantung pada model prosesor.

Dibandingkan dengan Intel HD Graphics 3000 di Sandy Bridge CPU , HD 4000 benar-benar didesain ulang dan menawarkan peningkatan kemampuan :

  • Shader DirectX 11
  • Hardware Tesselation
  • Cache level 3 berdedikasi (sebelum terakhir Tingkat Cache LLC CPU), dan
  • Dukungan Direct Compute.

IPC (instruksi per clock), sehingga dapat 2x lebih cepat dari Sandy Bridge, dan secara keseluruhan hingga 60% lebih kinerja.

https://www.rasssian.com/peran-vga-pada-sebuah-laptop/
Perbandingan Dua buah jenis Intel HD grafis

Beberapa info tambahan mengenai graphics :

  • Kartu VGA umumnya digunakan pada PC kelas Workstation, yaitu komputer dengan kemampuan khusus, seperti high end multimedia, gaming atau design.
  • Apabila sebuah Laptop di integrasikan dengan VGA eksternal (diskrit), itu akan menambah bobot, power serta dimensi dari perangkat tersebut.
  • Sebuah graphics terdiri dari sebuah processor (CPU) dan memory didalam sistemnnya. Performa grafis ditentukan oleh dua komponen ini. Tapi pada dasarnya
  • pengolahan grafis memerlukan kerjasama dengan Processor utama dan RAM utama. Semakin tinggi specs processor dan makin besar kapasitas RAM, maka VGA memiliki performa yang lebih baik juga.
  • Baik VGA diskrit maupun onboard, tetap memerlukan memory share. Memory share adalah alokasi jumlah memory yang dibutuhkan oleh grafis saat mengolah aplikasi, yang diambil dari kapasitas RAM utama. Ini alasan kenapa sebuah perangkat dengan VGA onboard, sebaiknya menggunakan RAM minimal 2 GB.
  • Banyak fitur lain yang bisa mendorong performa sebuah VGA, seperti dukungan aplikasi programming (DirectX, OpenGL), kapasitas cache memory dan lain sebagainya.

Sekian dulu pembahasan kita Mengenal Intel HD Graphics yang telah terintegrasi dengan prosesor Intel. Seiring berjalannya waktu teknologi memang tidak bisa di hambat perkembangannya, sehingga akan mengalir terus item-item baru, produk baru sebegitu cepatnya.

Pada akhirnya kita perlu mempertimbangkan atau men-filter produk elektronik yang akan kita miliki. Apakah produk teknologi yang kita miliki akan mampu bertahan lama, mempunyai jangka panjang dalam segi pemakaian sehingga kita bisa berhemat dalam setiap pemakaian maupun pembelian.

Pembahasan VGA lainnya juga pernah saya ulas di :

Seberapa penting peran kartu grafis(VGA) pada sebuah Laptop

Atau kalian yang sedang mencari Laptop dengan pilihan kelas menengah di tahun 2018 ini bisa juga cek di :

Laptop Pilihan Kelas Menengah di Tahun 2018

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.