7 Anime Studio Ghibli Yang Wajib Ditonton

Studio ghibli adalah nama yang legendaris di dunia anime. Apa sih Studio Ghibli itu ?Nah, Studio Ghibli, Studio tempat impian dan imajinasi menemukan bentuknya untuk menjadi nyata, menjadi film animasi. Studio Gibli didirikan oleh Hayao Miyazaki, Isao Takahata dan Toshio Susuki. Melalui merekalah studio ini mampu melahirkan film-film yang akan diingat sepanjang masa.

Apa yang menarik dari anime studio ghibli? Alur cerita yang disuguhkan Studio Ghibli sangat unik dan memiliki visualisasi yang indah dan detail, dan juga mode penggambaran yang masih mempertahankan gaya lama.

Lalu anime Studio Ghibli apa saja yang saya rekomendasikan untuk kalian tonton?

  1. SPIRITED AWAY(2001)
    icon ghibli
    Cihiro dengan Arwah-arwah diatas kereta

    Spirited Away berkisah tentang seorang gadis yang bernama “Chihiro”, yang berusaha mengembalikan orang tuanya setelah mereka tidak sengaja masuk ke dunia arwah. Petualangan dimulai ketika kedua orang tuanya dengan serakah memakan makanan yang disediakan oleh arwah-arwah dan tidak lama setelah itu kedua orang tuanya berubah menjadi babi. inilah titik terjadinya sebuah konflik. Petualangan-petualangan yang mistik pun terjadi.Spirited Away berhasil memenangkan Oscar di Academy Awards dan Golden Bear di Berlin Film Festival.

  2. PRINCESS OF MONONOKE(1997)
    San termasuk karakter yang sering di fan art.

    Tak bisa dipungkiri lagi, Princess of mononoke berkisah tentang alam dan ketamakan. Bagaiman arwah-arwah alam atau bisa dipanggil penghuni hutan memberontak terhadap kerakusan-kerakusan yang dilakukan oleh manusia. Landcape yang berbeda sangatlah terlihat, seperti nature,mystic,mytologi juga berbagai macam bentuk arwah hutan dan keunikannya masing masing. Karakter yang menjadi iconic disini adalah san, gadis penghuni hutan.

  3. MY NEIGHBOR IS TOTORO(1988)
    Maskot Besar Studio Ghibli
    Totoro

    My Neighbour Totoro  menceritakan hubungan antara kedua kakak beradik, Satsuki dan Mei, dengan jin hutan (Totoro) yang tinggal di pohon besar dekat rumah mereka. Totoro juga telah menjadi icon terbesar Studio ghibli. karena Totoro telah menjadi maskot terbesar Studio Ghibi, jangan sampai nggak nonton ya.Hahaaa

  4. HOWL MOVING CASTLE(2004)Sophie berniat menemui adiknya di desa seberang, ketika itu ia bertemu dengan seorang penyihir tampan bernama Howl. Dunia yang penuh sihir pun jelas terlihat dari bagaimana sebuah castle yang dihuni Howl bisa berjalan merangkak, sungguh unik memang. Namun pertemuannya dengan Howl berbuntut masalah ketika ia ikut terlibat dalam pertempuran Howl dan The Witch of Waste.
  5. KIKI’S DELIVERY SERVICE(1989)Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama, karya Eiko Kadono. Mengisahkan tentang Kiki yang menggunakan kemampuan sihirnya untuk mencari uang. Selama melakukan pekerjaannya, Kiki selalu ditemani oleh kucing hitam bernama Jiji. Oh ya, karena meraih kepopuleran yang sangat tinggi, kiki’s delivery service ini juga telah diangkat versi live-action nya pada tahun 2014.
  6. THE WIND RISES(2013)
    Hystorical Film
    Cover The Wind Rises

    Film ini terbilang baru, karena release di tahun 2013. Anime ini mengandung unsur-unsur sejarah dan kehidupan nyata di masa-masa peperangan, dan juga tak lepas dari kisah percintaan yang telah dilalui oleh sang karakter.Kisah dimulai ketika diperlihatkan suasana yang sangat menggemparkan, yakni tragedi the great kanto earthquake pada tahun 1923, gempa yang memporak-porandakan jepang secara massive. Dan tak lepas dari Kisah kehidupan jiro horikoshi yang menemukan cinta dan juga sebagai engineer, desain pesawat terbang mitsubishi A5M dan A6Mzero yang digunkan pada peran dunia ke-2.

  7. GRAVE OF THE FIREFLIES(1988)
Cover Grave of The Fireflies, Film Tersedih Studio Ghibli.

Grave of the Firefly adalah yang paling sedih. Tapi jangan salah. Walau pun kamu tidak suka yang sedih-sedih, film ini patut ditonton paling tidak sekali dalam seumur hidup. Sungguh merugilah dirimu jika tidak pernah menonton ini.

Sungguh menyayat hati memang. Untuk menonton film ini jangan lupa sediakan tisu terlebih dahulu. Kisah kakak beradik yang bertahan hidup disuasana perang dunia ke-2. Ketika tumpuan keluarga, orang tua nya tidak ada, mereka hidup luntang-lantung, dizaman yang serba susah. jujur ya, saya mah cuman sanggup nonton satu kali, film tertragis yang pernah saya tonton.


Karena karya-karya Studio Ghibli begitu banyak, yaa, ribet juga dibahas satu-satu. Oleh sebab itu keseluruhannya saya ringkas. Sebenarnya hampir semua anime-anime dari Studio Ghibli itu bagus. Ini pun saya ringkas menjadi Top 7. Menarik lainnya seperti The Secret World Of Arrietty, Ponyo, Whisper of The Heart dan lain lain. Untuk Menikmati Karya-karya Studio Ghibli yang lainnya kalian bisa cek disini.

Satu Balasan untuk “7 Anime Studio Ghibli Yang Wajib Ditonton”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.