Penyebab Laptop Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Panas dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Laptop yang panas nya sudah keterlaluan

Dalam artikel ini saya akan membahas sebuah kejadian yang sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari, bahkan kita bisa kewalahan dalam menghadapi masalah ini, yakninya Penyebab Laptop Panas dan Cara Mengatasinya. Kira-kira apa penyebabnya ? Geser bawah kuy.

Ini sering kita temui pada laptop-laptop yang bisa dibilang sudah tidak berumur muda lagi, laptop yang sudah menyentuh umur 3 tahun ke atas barangkali. Panas yang didapat dari kinerja hardware laptop terkadang membuat laptop bekerja lemot, lelet atau bahkan membuat laptop otomatis restart atau mati mendadak.

Tentu saja sontak membuat kita trauma, misal sedang bermain games tidak lama kemudian tiba-tiba laptop mati mendadak, atau dalam kasus yang lebih berat lagi, kita hanya menonton di laptop dan hanya melakukan task-task kecil yang tidak terlalu memberatkan kinerja laptop tiba-tiba laptop mendadak shutdown.

Dikarenakan panas yang berlebih dan begitu terpaksanya proses yang dilakukan sebegitu banyaknya akan membuat Hardware-hardware yang tertanam pada laptop untuk menyerah dan memilih untuk menghentikan proses-proses alias mati mendadak.

Ada beberapa hal yang musti kalian perhatikan dari Penyebab Laptop Panas dan Cara Mengatasinya :

  • Debu yang sudah begitu banyak nya tertumpuk dalam sela-sela hardware Laptop.

Hal ini sering terabaikan karena sangat sering kita temui, yakni laptop yang sering ditelantarkan pada sebuah ruangan, apakah itu kamar atau dalam ruangan rumah.

Alangkah baiknya laptop kalau tidak dalam pemakaian bisa diletakkan saja didalam tas laptop atau dalam lemari yang tertutup.

Memang terlithat remeh, tapi kalau hal seperti ini berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun tentu sangat jelas debu bisa masuk dan menumpuk di dalam laptop dengan cepat.

Menyebabkan pelepasan panas menjadi kurang efektif. akibatnya prosesor menjadi lebih cepat panas dari biasanya. untuk itulah heatsink dan fan prosesor laptop perlu dibersihkan secara berkala.

  • Menumpuknya berbagai program yang berjalan di startup

Banyak hal yang tidak kita sadari seperti program dan service yang berjalan di background Windows. tentu hal ini akan menyita kemampuan prosesor.

Disable saja program-program yang tidak diperlukan diawal penghidupan laptop, kalian bisa mengaturnya di task manager dan pilih startup.

  • beberapa jenis virus yang menghabiskan resource prosesor

Pada beberapa kejadian laptop yang mengalami kepanasan, ternyata ada yang disebabkan oleh virus. Virus yang memaksa prosesor untuk selalu bekerja .

Dengan prosesor yang bekerja secara terus menerus (full throttle), padahal laptop sedang dalam tidak digunakan. akibatnya laptop menjadi panas.

Tetap update Anti virus kalian, ini adalah hal rutin yang wajib kalian lakukan, biasanya jika kita menggunakan antivirus bawaan windows updating dilakukan minimal satu kali seminggu.

  • sirkulasi udara pada sistem pendinginan laptop terganggu

Jangan menaruh laptop diatas kasur, hal ini menyebabkan ventilasi udara dibawah laptop akan tertutup sehingga sirkulasi udara untuk mendinginkan laptop menjadi terganggu dan mengakibatkan laptop menjadi cepat panas.

Laptop yang panas saat digunakan adalah sangat umum terjadi, dan paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari karena memang desain pendinginan di laptop tidak seperti pada komputer PC. Bentuk laptop yang dibuat ringkas, tentu sangat membatasi jika harus menggunakan headsink dan kipas (fan) dengan ukuran yang lebih besar.

Sekian dulu pembahasan yang saya berikan mengenai Penyebab Laptop Panas dan Cara Mengatasinya, masalah tersebut memang sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kalian bisa pelajari atau bagikan ulasan saya yang diatas agar mudah dalam penggunaan laptop nantinya.

Jikalau kalian juga ada kendala dengan ulah Virus yang selalu menyembunyikan file-file, kalian bisa cek artikel dibawah ini :

Cara Menampilkan File yang disembunyikan Virus melalui CMD

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.