Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca

Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca

Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca dengan berbagai tema dan pembahasan. Membaca tentu tidak melulu soal novel tebal dan best seller, tetapi sesekali diselingi dengan cerita-cerita pendek yang berbahan cerita ringan namun menggugah.

Disini telah saya siapkan beberapa pilihan yang sangat menarik untuk kalian baca dan kalian ketahui sebelumnya. Ada dari kalian yang telah membaca beberapa optional dibawah ini barangkali, siapa tahu kita memiliki kesamaan selera dalam hal buku bacaan, tetapi bagi kalian yang belum tahu dan memang baru menyadari, tentu ink bisa menjadi bahan referensi dan dimasukkan dalam kumpulan wish list kalian.

Atau kalian ingin memberikan rekomendasi buku kumpulan cerita yang tak kalah menarik dari beberapa pilihan yang telah disiapkan ini. Boleh saja, kalian bisa komen di kolom komemtar dan berbagi hal menarik lainnya juga.

Apa saja Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca dan sayang dilewatkan bagi kalian yang memang suka membaca atau hanya sekedar membaca .

Cover Buku Kukila by M.Aan Mansyur

Buku ini hadir dengan tema cerita melankolis romantic. Hampir keseluruhan cerita pendek pada buku ini bercerita tentang Cinta, namun hadir dengan plot cerita yang twist. Kita tahu ciri khas M.aan mansyur yang selalu bermain dengan puisi, karena kebanyakan dari buku-buku nya adalah buku puisi namun disini kita juga akan merasakan itu, yakni Diksi yang disuguhkan hingga meliuk-liukkan kata tersebut membuat kita tergugah, tersentuh atau bisa jadi terinspirasi.

Kukila merupakan judul salah satu cerita pendek pada buku ini dan juga cerita Kukila memiliki porsi yang sangat banyak dari cerita pendek lainnya, karena itu barangkali bang Aan menjadikan Kukila sebagai judul buku.

Tidak banyak buku cerita yang lahir oleh bang Aan, tentu Kukila menjadi rekomendasi keras bagi kalian yang suka baca. Atau kalian yang hanya tahu bang Aan dari Puisi-puisinya, buku cerita pendek Kukila ini bisa kalian baca dan dapat melihat bagaimana gaya bercerita M Aan Mansyur.

Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca

Bagi kalian yang tidak mengenal siapa itu Yusi Avianto, kalian bisa melihat perihal sukses nya novel beliau yang berjudul Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi. Namun bagaimana gaya bercerita yusi avianto terhadap cerita-cerita pendek? Nah.

Rumah kopi singat tertawa, judul buku ini tentu juga berasal dari salah satu judul cerita pendek yang terdapat di dalam buku. Agak aneh terdengar bukan? mendengar judul buku ini, barangkali itu merupakan perumpamaan. Setelah anda membaca isi buku cerita Rumah kopi Singa Tertawa, anda akan dapat menyimpulkan sendirinya perihal judul tersebut.

Yusi Avianto memiliki sudut pandang yang unik dalam melihat dan memahami kehidupan, terbukti di buku Kumcer ini beliau mengangkat hampir kesemua cerita pendeknya dengan tema kematian. Terdengar Horor?jika saya jelaskan iya, tapi coba kalian baca sendiri cara bercerita beliau, cara penyampaian yang begitu ringan dan tidak terlalu berolok-olok seperti menghabiskan satu halaman hanya untuk sebuah perumpamaan yang kecil. Adakalanya menyentil gaya kehidupan sehari-hari, kebiasaan yang aneh dan nyeleneh yang sering dikesampingkan dalam keseharian. Sehingga Buku ini serasa menjadi bahan cerita yang ringan dan sekaligus menyadarkan.

Kehidupan bukan sekedar cinta-cintaan melulu, sesekali dan selewat waktu kita juga musti pikirkan kematian. Bagaiamana seharusnya berprilaku juga menjadi cerminan terhadap kematian kita. Rekomendasi sekali bahan bacaan ini.

Buku Kupu-kupu bersayap gelap puthut ea

Satu hal menurut saya untuk buku ini. Musti kalian baca dan harus, karena di setiap cerita ada begitu banyak pembelajaran dan makna hidup, rendah diri  dan memaknai disetiap kejadian-kejadian. Juga tak luput dari Cinta yang menggebu-gebu, birahi yang tak tertahankan, dan kebengisan perlakuan-perlakuan manusia yang sudah diluar batas.

Buku ini memiliki 13 cerpen didalamnya, yang mana disetiap kumpulan cerita yang disuguhkan tidak terlalu panjang, porsi yang pas dan ceritanya sendiri sangat dalam syarat makna. Hal-hal yang menyeruak dan yang diam-diam bersembunyi di kehidupan sehari-hari diangkat di dalam buku ini. Tak khayal disetiap cerita, kita akan dikejutkan dengan hal-hal yang tak terduga.

Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke roma
Kumpulan cerita, penulis Idrus

Membaca judulnya barangkali kalian akan menyimpulkan ini buku yang ke eropa-eropaan atau menyiggung umat kristiani gitu. Bukan, Kalian salah besar.

Terdiri dari beberapa kumpulan cerita yang tidak saling berhubungan tetapi memiliki setting yang sama, yaitu masa perjuangan Indonesia yang berkisar sekitar pendudukan jepang sampai kedatangan Sekutu. Secara garis besar buku ini merupakan cerminan kehidupan rakyat Indonesia dimasa penjajahan. Cerita pada buku ini memiliki settingan yang sebenar-benar dan sejujur-jujurnya sang penulis terhadap masa kala itu. Ironis, itulah kata yang pantas untuk menggambarkan jalannya kehidupan rakyat indoensia kala itu.

Kalian harus membaca buku ini, sebagai gambaran dan pengingat akan perjuangan bangsa Indonesia langkah demi langkah. Bukan bacaan yang boring layaknya bacaan sejarah dari sekolah-sekolah, tetapi kalian akan ngeh karena sang penulis memang bercerita begitu spontan dan lantang, setiap kalimat tak khayal membuat pembaca menjadi celingak-celinguk sendiri, maksudnya kata dan kalimat yang digunakan kebanyakan tidak diperhalus. Karena ini buku lama barangkali akan susah didapat di toko-toko buku baru seperti Gramedia Store, dan memang sudah saat nya juga bagi kalian untuk hunting di toko buku bekas. Hehee

Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca
Orang-orang Bloomington

Buku yang menggugah pemikiran, menyadarkan bahwa rasa keingintahuan dari dalam diri kita sendiri itulah yang terkadang membuat menyulitkan kita sendiri. Dengan cara yang tidak biasa, Budi Darma mengungkap konflik antar manusia yang lazim kita hadapi dalam keseharian yaitu prasangka, kesepian, kedengkian. Semua berpadu menjadi satu formula kisah yang realistis, menyentuh, bahkan cenderung menampar.

Rekomendasi sekali bagi kalian yang tingkat ke-kepoannya tak bisa dibendung lagi, namun dibalik itu semua unsur cerita sangat terasa sederhana dan setelah membaca cerita tersebut kita akan mikir-mikir sendiri layaknya penyampaian yang menyentil gaya hidup kita pada saat sekarang ini.

  • Corat-coret di Toilet | Eka Kurniawan

Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca

Sudah tidak di ragukan lagi Eka Kurniawan, epsst, tunggu dulu. Buku kumpulan cerita ini hadir sudah sangat lama, bisa kita bandingkan gaya menulis mas Eka di karya nya Seperti Dendam Rindu Harus di Bayar Tuntas dengan Kumcer ini. Sangat berbeda.

Cerita-cerita di dalam buku ini dituturkan dengan gaya komikal, terutama dalam segi adegan. Ide dan tema yang diangkat pun cukup beragam, dari kehidupan mahasiswa, kisah cinta hingga politik dan social, membuat buku ini cukup kaya dan tidak membosankan untuk dinikmati.

Kalian bisa nikmati cerita-cerita dibuku ini, bagaimana nyeleneh, ngawur dan kocaknya kejadian-kejadian yang disentil oleh sang penulis terhadap keseharian khalayak.

  • Sarapan Pagi Penuh Dusta | Puthut EA

Ada rasa yang berbeda ketika membaca Buku kumpulan cerpen Puthut EA yang ini. Suatu rasa yang membuat kita sebagai pembaca dapat menyimpulkan bahwa sang penulis Puthut EA memang lihai dalam membuat cerpen. Bahwasanya Buku-buku kumpulan cerpen beliau memang lebih banyak dari pada Novel nya. Dan disetiap isi cerita pada kumpulan cerpennya sangat memiliki karakter masing-masing.

Karya buku cerpen beliau Kupu-kupu bersayap gelap menjadi best of the best buku kumpulan cerita bagi saya, namun Sarapan Pagi Penuh Dusta juga tak kalah lebih menarik. tak bisa dipungkiri di optional terakhir saya memilih karya Puthut EA kembali.

Buku ini bercerita tentang kehilangan, nelangsa, dan kesedihan. Beberapa tentang kritik sosial yang tak kunjung usai. Tapi, di cerpen terakhir berjudul Sesuatu Yang Mencekamku, ada jejak emosional yang ditinggalkan Puthut EA yang menjadi pesan terselubung bahwa kehidupan ini sebenarnya sedang kita jalani atau belum? Kalau sudah menjalani hidup, kenapa banyak orang sibuk kesana kemari untuk mempersiapkan hidup?


Baca juga pilihan-pilihan Novel yang sayang dilewatkan bagi kalian yang hobi membaca :

6 Balasan untuk “Rekomendasi 7 buku kumpulan cerita yang wajib di baca”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *