Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya

 

Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya
Bentuk detail Baterai CMOS Laptop

Banyak orang yang barangkali mengabaikan atau terlupa akan efektifitas kinerja Baterai CMOS terhadap keberlangsungan pemakaian Laptop. Dampaknya kita sebgai user dalam menggunakan laptop menjadi kewalahan karena ulah baterai CMOS ini. Oleh karena itu perlu juga kita ketahui Efek baterai CMOS Laptop Habis atau rusak dan cara mengatasinya.

Baterai CMOS merupakan sebuah perangkat baterai kecil yang terpasang pada motherboard laptop maupun komputer. Benda mungil ini memberikan peranan yang sangat besar dan dampak yang sangat signifikan terhadap kinerja sebuah laptop, sebut saja salah satunya yaitu Pengaturan otomatis pada tanggal dan waktu pada sebuah laptop. Sehingga kalau baterai tersebut habis atau rusak maka otomatis penanggalan dan waktu tidak akan berkerja dan banyak hal yang lebih buruk lainnya yang akan terjadi.

Hal yang terabaikan yakni, umumnya suatu perangkat elektronik memiliki jangka waktu dan umur tertentu terhadap penggunaannya. Terlebih kalau menyangkut pemakaian Baterai. Jadi secara normal umur untuk baterai CMOS pada umumnya kurang lebih 5 tahun. Tapi tidak bisa dipatutkan karena banyak juga yang mengalami permasalahan ketika belum memasuki jangka waktu 5 tahun.

Si pemilik blog ini boro-boro menulis tentang Baterai CMOS karena baru beberapa hari kemarin pemilik blog ini melakukan pembongkaran terhadap laptopnya dan juga mendapati permasalahan terhadap Baterai CMOS ini. Mengingat laptop pemilik blog ini telah berumur 6 tahun lebih dan rasanya efek minus dari Baterai CMOS ini telah ada satu tahun yang lalu, namun lupa untuk mengganti baterai tersebut meski laptop ini sempat di bongkar beberapa kali.

Apa saja Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya ? begini permasalahan yang telah didapat oleh penulis :

  • Tanggal dan Waktu yang tidak otomatis lagi.

Ini merupakan gejala awal dan tanda yang paling jelas terhadap efek minus Baterai CMOS. Tanggal dan waktu yang di pengaturannya sudah jelas bekerja secara otomatis tidak bekerja lagi. Ketika kita matikan laptop pada suatu waktu misalnya, setelah itu 2 hari lagi kita hidupkan, maka waktu yang tertera ketika kita hidupkan tersebut adalah waktu ketika 2 hari yang lalu.

  • Masalah Turning On dan Off

Yang pemilik blog ini dapati lainnya adalah masalah dalam menghidupkan laptop. Karena laptop pemilik blog ini tidak memiliki baterai, otomatis laptopnya langsung mengandalkan daya arus listrik. Jadi permasalahannya adalah ketika Charger laptop dicolokkan, otomatis laptop langsung hidup, tanpa ditekan tombol On pada laptop. Nah, ini juga merupakan salah satu dampak dari habis dan rusaknya baterai CMOS pada laptop.

Setelah itu yang agak kewalahan saya dapati adalah ternyata pengaruh habisnya baterai CMOS juga berlangsung terhadap fitur wifi laptop. Pemilik blog ini juga agak kebingungan dibuatnya yang mana adapter wifi dan icon kecil yang tertera di task bar tidak bekerja sama sekali. Juga telah melaukan pergantian driver wifi-nya, namun kesemua itu juga tidak membuat wifi laptop menjadi normal kemabali. “Wi-fi disable“, setelah di otak atik di pengaturan network dan segala macam tetap tidak bisa bekerja. Alhasil pemilik blog lakukan reset windows 10, karena windows 10 telah menyediakan fitur yang mana pengguna bisa me-reset windows dan melakuka re-instal kembali secara otomatis. Namun intal ulang ini juga tidak membawa kembali wifi menjadi normal. Pada akhirnya di lakukanlah penggantian baterai CMOS dan ya, wifi menajdi enable dan kinerja nya menjadi normal kembali. (Ah, syukurlah bisa blogging kembali)

Masalah lainnya dalam Turning On dan Off ialah Laptop tidak bisa boot alias tidak bisa hidup, ini adalah masalah yang paling berat yang ditemukan pada habis dan rusaknya baterai CMOS. Bahkan ada yang lebih nyeleneh lagi, yakni laptop bisa hidup sebentar, setelah itu tiba-tiba laptop mati kembali dan menunggu untuk beberapa waktu, beberapa menit atau bisa beberpa jam untuk hidup kembali. Ada juga yang lebih unik lagi jikalau baterai CMOS sudah habis dan rusak, yakni laptop menyala namun tidak bisa mengeksekusi program atau tidak bisa menjalankan aplikasi (Untung saja permasalahan saya belum sampai kesini).

  • Terdapat Bunyi Beep

Bunyi beep ketika menghidupkan atau mematikan laptop, setelah itu dilanjutkan dengan pesan error: CMOS Cheksum error atau CMOS battery failure. Jika ada kalian temukan bunyi beep dan pesan error tersebut maka itu kalian telah memasuki tahap dimana kalian harus bersegera mengganti baterai CMOS laptop kalian.

Cara mengatasi Baterai CMOS habis dan rusak ya langsung diganti. Lakukan prosedur pembongkaran terhadap laptop. Bagi kalian yang tidak berani mengotak-atik laptop bisa dibawa ketempat service dengan menunjukkan gejala-gejala error yang didapatkan. Karena si pemilik blog ini berlatar belakang dari dunia komputer (alias S.Kom) ya jadilah bongkar sendiri, otak-atik sendiri.

Namun bagi kalian yang berniat juga untuk bongkar sendiri laptop kalian, saya rekomendasikan untuk mencari video tentang Disassemble alias membongkar jenis laptop kalian terlebih dahulu di youtube, agar lebih jelas untuk diketahui komponen-komponen yang akan dicopot maupun dipasang kembali.

Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya
Pembongkaran terhadap Laptop ACER seri 4750G
Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya
Bentuk detail bagian Motherboard bagian atas
Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya
Keberadaan Baterai CMOS dan tata letaknya
Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya
Bentuk Detail Baterai CMOS dan posisinya
Efek Baterai CMOS Laptop Habis Atau Rusak dan Cara Mengatasinya
Bentuk Detail Baterai CMOS
Segitu saja terlebih dahulu tips yang pemilik blog sharing tentang dunia komputer. Oh ya, harga Baterai CMOS untuk satu buah nya berkisar Rp.3000-Rp.5000. Kalau ada yang menjual satu buah Rp.10.000 langsung ketawa saja di depan penjualnya, dan juga perhatikan jenis/tipe baterai CMOS yang dibeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *