Padang Rumput New Zealand di Padang Mangateh Payakumbuh

Trip kali ini memang seputaran wilayah payakumbuh, tetapi berada di sudut lain kota payakumbuh, bukan disekitaran kota. Hal yang sangat menarik dari perjalanan ini adalah kita berada dekat dengan gunung, di padang rumput hijau nan luas, dan tak lupa pula keberadaan sapi yang bertebaran. Yup, lokasi tepatnya berada di Peternakan Padang Mangateh. Geser bawah kuy !

Kalian bisa cari di Google map dengan kata kunci Peternakan Padang Mangateh. Kira-kira  Setengah jam lebih dari pusat kota Payakumbuh. Terletak di Kaki Gunung Sago, kabupaten Lima Puluh Kota. Semisal kalian dari Payakumbuh, simpang jalan menuju kesana adalah di jalan menuju Lintau/Sijunjung.

Jalan menuju Peternakan tersebut diawali dengan jalan dua arah dan melaju terus hingga jalan menyempit dan ya, pemandangan yang disuguhkan pun berupa hamparan sawah yang luas dengan latar gunung dan bukit barisan. Sangat asri dan tak lama setelah itu perjalanan akan mendaki sedikit demi sedikit.

Ketika sampai digerbang awal untuk memasuki kawasan peternakan ini, kita di wajibkan melapor. Disarankan untuk tidak pergi di kala sore hari, karena akan susah mendapatkan izin masuk. Apalagi kalau kalian berpasang-pasangan yang belum muhrim, bakal disuruh putar balik dan tidak boleh memasuki kawasan ini. Sebenarnya tergantung pada kalian apa bisa bernegosiasi dengan penjaga gerbang.

Padang Rumput New Zealand di Padang Mangateh Payakumbuh

Setelah memasuki kawasan hingga nanti kita temukan kantor-kantor peternakan kita kembali lagi meminta izin untuk memasuki padang rumput yang luas tersebut. Minta izinlah kepada satpam untuk membawa kendaraan ke dalam padang rumput. Namun untuk mengizinkan membawa kendaraan kita diharuskan terlebih dahulu untuk membeli susu sapi yang seharga Rp.5k. apabila tidak ingin membeli susu kita tetap boleh masuk kedalam kawasan padang rumput tersebut dengan memparkir kendaraan di sekitar kantor-kantor peternakan.

Padang Rumput New Zealand di Padang Mangateh Payakumbuh

Padang rumput ini bisa dikatakan luas, jikalau kalian berjalan dipastikan akan sangat kewalahan. Tetapi jikalau kalian memang penikmat alam datanglah agak siang atau pagi, dengan begitu waktu seharian bisa dihabiskan selama didalam padang rumput. Udara yang segar, dengan pemandangan yang hijau luas dan landscape kota payakumbuh dari kejauhan. Memang seperti berada di negeri fantasy, dan pengalaman ini akan sangat jarang kalian dapatkan. Rekomendasi sekali untuk pergi kesini pastinya.

Padang Rumput New Zealand di Padang Mangateh Payakumbuh

Kabarnya peternakan ini sempat tutup pada pertengan 2015 karena begitu viralnya. Keberadaan pengunjung yang terbilang ramai menjadi kendala untuk keberlangsungan hidup sapi-sapi ternak. Sampah yang bertebaran dan pengunjung yang memberikan makan sapi membuat pengelola untuk menutup sementara balai pembibitan ternak unggul yang bergelar New Zealand nya Sumatera Barat tersebut. Namun syukurlah penutupan tersebut hanya bersifat sementara.

Padang Rumput New Zealand di Padang Mangateh Payakumbuh

Bagi Instagramers pastilah kawasan Padang rumput padang mangateh ini menjadi surga untuk berfoto-foto ria. Karena ada begitu banyak spot yang Instagramable. Rekomendasi sekali destinasi kawasan wisata edukasi Padang Rumput New Zealand di Padang Mangateh Payakumbuh ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *