Tips memilih Laptop | Wajib diketahui sebelum membeli laptop

Laptop Dell inspiron 5559 15.6 inc

Ada beberapa Tips memilih Laptop, hal-hal yang harusnya sangat diperhatikan dalam memilih dan membeli sebuah komputer portabel alias laptop ini.

Namun untuk memilah beberapa hal tersebut kita bahas dulu hal yang sangat mendasar, yakninya untuk apa atau kita gunakan lebih spesifik ke arah mana atau lebih tepatnya lagi alasan dasar kenapa kita ingin membeli sebuah laptop.

Pada awamnya, ada yang membeli laptop untuk nge-games, mengingat zaman millenial sekarang ini banyak yang berkeinginan menjadi youtuber games. Pilihan laptop yang diperuntukkan kepada gamers pun terdiri dari beberapa kategori, ada yang medium price, high price bahkan ultimate price, maksudnya yakni tingkatan harga dan spesifikasi laptop itu sendiri.

Tips memilih Laptop
Sumber poto : Cnet.com

Hal yang sangat diperhatikan pertama adalah pada pemilihan prosesor, berapa core speed pada prosesor dan cache data prosesor tersebut. Jadi tidak semata-mata memilih i5 atau i7 atau amd dengan tipe-tipenya, tetapi perhatikan hal yang sangat mendetail. Juga pemilihan VGA, baik itu nVidia atau AtiRadeon tidak hanya memperhatikan ukuran memory VGA yang semisal VGA 2gb atau 4gb tetapi juga perhatikan clock speed dan tipe VGA apakah DDR3 atau 5. Dan Minimal RAM untuk kalangan medium gamers sekarang adalah 8Gb, itu jikalau kalian ingin bermain games dengan kualitas terbaik seperti Overwatch, GTA V, Dota2, Call Of Duty: Infinite Warfare, Battlefield 1, dan banyak lagi lainnya.

Biasanya ada laternatif lain kalau memang memilih laptop yang diperuntukkan untuk gamers, dengan harga yang terjangkau, yaitu pemilihan hardware dengan merk prosesor AMD dan kartu grafis atiRodeon, hal ini dapat memangkas harga yang memilih dengan prosesor Intel dan kartu grafis nVidia yang terbilang mahal.

Ada juga membeli laptop hanya untuk menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kuliah dengan penggunaan aplikasi yang mendasar, seperti word atau browser dan media player. Namun perlu diperhatikan juga perangkat keras apa saja yang menjadi standar pemakaian pada era sekarang ini, mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat. Tidak hanya itu juga perkembangan software pun luar biasa pesat karena begitu banyak nya developer yang bertebaran.

Oleh karena itu, ada batas standar bahkan batas minimal dalam penggunaan software terhadap perangkat keras. Seperti sekarang ini saya rekomendasikan jikalau teman ingin menggunakan produk prosesor Intel, gunakanlah intel i5 dan penggunaan RAM, standar sekarang ini adalah RAM dengan kapasitas 4gb dan untuk pemilihan harddisk, terserah berapa kebutuhan yang diperlukan, apakah cukup dengan 500gb atau 1Tb. Itu adalah batas standar dalam penggunaan laptop yang akan diperuntukkan kepada anak sekolahan atau yang sudah kuliah dan itu batas standar menurut saya. Menurut saya.

Bagi yang hobi desain ada juga pemilihan laptop nya tersendiri, agar penggunaan aplikasi menunjang terhadap hasil-hasil karya desain yang diciptakan. Hal-hal seperti Prosesor, RAM, penggunaan Harddrive apakah lebih memilih Ssd atau Hdd dan VGA teramat penting sekali. Sama hal nya laptop yang diperuntukkan kepada Gamers. Desain mencakup seperti photo editing, grafik desain, terlebih lagi spesialis 3D dan vidio editing, itu sangat-sangat membutuhkan laptop dengan high speksifikasi.

Keselarasan kinerja kartu grafis(VGA) dengan prosesor menjadi pusat perhatian pada bidang 3D dan Vidio editing. Saya rekomendasikan, untuk penggunaan RAM adalah 8gb dan prosesor lebih ke intel i7, Namun jikalau
terlalu mahal seminimal mungkin memilih intel i5 dengan VGA nVidia yang medium spek seperti nVidia dengan clock core nya 1Ghz dan size memory 2gb atau 4gb dengan tipe ddr3 atau 5. Untuk pembahasan kartu grafis alias VGA kita akan buatkan postingan nya tersendiri lebih detail nanti.

Tips memilih Laptop
Sumber poto : Laptopmag.com | Macbook, produk apple

Oh ya, bicara tentang pemilihan laptop yang diperuntukkan kepada user yang menyukai desain, secara global atau secara mendunai orang-orang lebih banyak memilih laptop yang bermerk Macbook, yaitu produk apple yang sekelas komputer portabel. Namun Macbook sendiri terbilang mahal, bahkan dengan spek yang terbilang standar jugalah mahal.

Perbedaan nya pada laptop yang biasa menjadi laptop sejuta umat yakninya OS(Operating system), yaitu Machintos dengan kategori-kategori nya tersendiri. Dengan harga yang bisa dibilang fantastis, itu membuat Macbook sendiri di peruntukkan kepada kalangan high society alias rakyat-rakyat elit.

Sekian pendapat saya mengenai Tips memilih Laptop, singkat memang. Tidak terlalu detail sampai ke akar-akarnya, sekedar informasi dan saran bagi teman-teman yang ingin membeli sebuah laptop baru. Bagi kalian yang sekedar paham tentang dunia komputer tetapi masih belum mengetahui secara rinci, postingan ini bisa menjadi referensi atau hanya sekedar bahan bacaan saja.Hehee

Mengingat postingan dengan kategori komputer yang masih sepi, terlintas lah ide bagi saya bagaiaman seandainya saya akan fokus ke postingan yang bertemakan komputer pada bulan ini. Mengulik hal yang mendasar tentang keseharian dalam berkomputer. btw, saya sendiri yang juga berlatar belakang sarjana komputer, ya, memang sepatutnya saya membagikan ilmu atau sekedar saran atau dalam artian yang lebih sempit lagi, sekedar berbagi bahan bacaan. Yap, Terima kasih untuk mampir, dan jangan lupa komen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.