TIPS DAN TRIK CARA MEMATIKAN UPDATE WINDOWS 10

Awal memaparkan bagaimana antisipasi dan cara mematikan update windows 10, saya akan bahas sedikit latar belakang kenapa hal receh seperti ini bisa menjadi di besar-besarkan. Hal yang tidak mengenakkan nya yakni kita tidak mengetahui sama sekali kronologis akan atau sedang melakukan update pada windows, yang pasti dalam keadaan online.

Inilah salah satu kekurangan windows 10 sebagai OS yang mumpuni. Update yang berkesinambungan, tidak masalah kalau kita memiliki wifi di rumah atau di kantor, tetapi lain halnya jikalau kita terdesak soal pekerjaan yang membutuhkan penggunaan laptop dan membutuhkan jaringan internat, sedangkan wifi tidak kita temukan. Alternative nya tentu kita yang sebagai kaum millenial menjadikan smartphone kita sebagai hotspot berbagi jaringan internet.

Karena itu saya mengatakan, hal seperti ini merupakan hal receh, tetapi kalau terjadi terus menerus kita sebagai user nantinya akan mendapati kuota smarphone yang tiba-tiba habis tak menentu. Padahal kita hanya posting artikel misalnya atau hanya sekedar browsing kecil-kecilan.

Kalau tidak kita cermati bisa merugikan. Misal, kuota yang baru beli 5gb, setelah itu hotspot dari smartphone dan surfing di dunia maya kira-kira 1 jam-an, tak lama setelah itu keluar pemberitahuan untuk restart laptop dalam beberapa menit.

Ketika melakukan restart disinilah kita mendapati permasalahan lain juga. Kalau update-an nya banyak, bakal ada yang menggerutu seperti, “lah, kok restart nya lama”, atau ketika restart, beberapa detik setelah booting malah keluar persenan update misal seperti ini. “Windows update 18% loading, don’t turn off your computer”. Ini merupakan hal yang wajar, bahkan wajar sekali, kalau kita mengetahui proses update windows terjadi.

Permasalahan lainnya kuota habis tak menentu, bisa jadi 1gb atau 500mb. Pastinya, kejelasan berapa total kuota yang habis untuk update windows ini tidak bisa benar-benar kita antisipasi atau kita ketahui sekalipun. Tak masalah kalau kuota usernya banyak semisal 15gb ataupun lebih, toh kekurangan 500mb-1gigaan juga tidak berasa.

Permasalahan ini saya angkat salah satunya bagi user yang tidak memiliki kuota internet yang banyak atau bisa dikatakan pas-pasan. Biasanya ini kalangan anak sekolahan atau mahasiswa lah ya.

Begini caranya untuk antisipasi agar windows tidak melakukan update setiap user yang akan surfing di laptop menggunakan hotspot dari smartphone :

TIPS DAN TRIK CARA MEMATIKAN UPDATE WINDOWS 10

    Awalnya kalian bisa klik start dan langsung ketikkan “Control Panel”, ini adalah salah satu kelebihan Windows 10. Jadi kita tidak perlu lagi mencari kolom Search bagian Start. Setelah itu klik Control panel tersebut.

TIPS DAN TRIK CARA MEMATIKAN UPDATE WINDOWS 10

    Ketika memasuki Control Panel perhatikan dulu bagian kanan atas. Di bagian optional “View by” pilih large view. Agar kalian bisa mudah mencari “Administrative tools”. Klik Administrative tools.

    Pilih dan Klik 2 kali Service
Setelah itu akan ada banya sekali optional yang disuguhkan. Yang perlu kalian cari adalah “Windows Update”. Pilih dan Klik 2 kali Windows Update.
Nah, ini bagian yang sangat penting untuk kalian perhatikan. Jadi pada Windows Update tersebut bagian Startup type nya kalian pilih Disable dan jangan lupa di Apply, setelah itu Ok.

Cttn : Perlu diperhatikan sebenarnya eksekusi akhir ini. Perubahan Startup type menjadi Disable ini tidaklah permanen. Perlu juga di cek setiap kalian ingin online.

Sekian dulu Tips dan trik cara mematikan update windows 10 pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat, dan jikalau rasanya sangat bermanfaat kalian bisa share artikel ini ke sosial media lainnya, toh tidak ada ruginya. Untung malah yang didapat karena bisa saling menolong.

Sekiranya kalian ingin mengetahui tips dan trik penggunaan laptop lainnya, bisa cek di optional bawah ini :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *